Mengulas Ragam Jenis Lampu Depan Mobil dan Fungsinya


Eksterior kendaraan akan semakin gaya jika seandainya dilakukan modifikasi, hanya saja juga harus siap budget yang tidak sedikit jika seandainya Anda ingin melakukan kegiatan oprek kendaraan ini. semakin banyak bagian yang ingin diubah, tentunya secara otomatis akan memperbesar budget yang harus Anda keluarkan. Namun nyatanya juga tetap ada kegiatan modifikasi yang sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak biaya, seperti diantaranya adalah modifikasi lampu, yaitu lampu bagian depan mobil maupun bagian belakangnya.

Dalam melakukan perombakan memang ada banyak sekali aspek yang patut untuk Anda pertimbangan, tentunya agar nantinya Anda sendiri juga tidak akan kecewa dengan hasil yang diberikan tersebut. Apalagi banyak sekali kasus dimana modifikasi tersebut justru membuat kondisi kendaraan menjadi lebih rentan bermasalah. Bisa disebabkan karena aksesoris yang dipilih salah maupun juga faktor lainnya dipicu oleh kesalahan di dalam pemasangannya. Sehingga agaknya harus tetap mempertimbangkan aspek fungsi dan juga kenyamanan, barulah dari segi keindahan atau nilai estetikanya.

Pada modifikasi lampu, khususnya adalah yang ada di bagian depan mobil ini sendiri ada yang dilakukan dengan cara mengganti jenisnya, dari bohlam biasa kemudian memakai LED sehingga nyalanya jadi semakin terang dan tajam, juga mengganti pilihan warnanya. Namun sebelumnya patut juga bagi Anda untuk mengetahui sebenarnya jenis lampu apa sajakah yang tersemat di bagian depan mobil tersebut. Berikut ini diantaranya, yaitu:
  • Headlamp, dikenal juga sebagai lampu kepala karena lampu yang satu ini posisinya ada di bagian depan kendaraan yang membantu penerangan pada saat malam hari, pada lampu kepala ini sendiri biasanya akan dibagi lagi kedalam beberapa jenis, diantaranya adalah:
    • Low beam, lampu dekat adalah lampu yang berada di headlamp dan digunakan untuk menerangi pada malam hari atau dalam kondisi jalanan yang gelap. Umumnya ia memiliki jarak pancar yaitu sekitar 40 hingga 100 meter. Ia dapat bersinar dengan sangat terang karena membutuhkan daya sekitar 55 watt untuk digunakan.
    • High beam, pada dasarnya prinsip atau cara kerja dari lampu yang satu ini tak jauh berbeda dibandingkan dengan low beam, hanya saja untuk jarak pancar cahayanya lebih jauh, yaitu sekitar 100 hingga 300 meter. Intensitas cahaya yang dihasilkan mirip dengan low beam dan umumnya membutuhkan daya sebesar 60 watt.
    • Flash lamp, dikenal juga sebagai lampu tembak, , pancaran cahayanya sendiri jauh sehingga dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Seperti diantaranya adalah dijadikan sebagai kode di saat berkendara atau ketika melewati jalanan yang berbelok tajam.
  • Lampu senja, ada pula lampu senja yang digunakan sebagai penanda posisi kendaraan saat cahaya yang ada di luar tengah meredup. Lampu ini biasanya juga hanya membutuhkan daya yang relatif kecil sekitar 5 hingga 10 watt.
  • Lampu DRL atau Daytime Running Light, mobil-mobil keluaran terbaru selalu diaplikasikan dengan lampu DRL ini dan umumnya menggunakan jenis bohlam LED yang memang intensitas cahayanya begitu tinggi dan tahan lama.
  • Fog lamp, lampu kabut ini juga berperan sangat penting untuk melihat jalan dalam kondisi berkabut, jalanan yang berasap sampai dengan kondisi jalanan pada saat hujan, sehingga visitabilitas pengemudi juga tetap terjaga. Umumnya memiliki warna kuning yang ada di bagian bawah mobil.
Itulah beragam jenis lampu depan mobil yang patut diketahui, jangan sampai salah penggunaannya.

Tidak ada komentar untuk "Mengulas Ragam Jenis Lampu Depan Mobil dan Fungsinya"